Subscribe:

Tips Jitu Menangkal Rasa Kantuk Atau Mengantuk

     Mengantuk merupakan hal wajar yang di alami oleh semua orang di semua kalangan umur. Rasa kantuk juga mengindikasikan bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat dari berbagai aktivitas atau pekerjaan yang sedang di lakukan serta untuk menjaga kesehatan tubuh. Rasa kantuk biasanya datang saat  malam hari saat semua aktivitas telah selesai di jalankan. Namun, terkadang rasa kantuk dapat menyerang di saat seseorang sedang sibuk dengan berbagai aktivitas yang super penting pada pagi dan siang harinya. Lalu, adakah tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk yang terbukti ampuh serta efektif...???

   Sahabat, tips kesehatan. Tidak sedikit dari kita yang sering terserang rasa kantuk di saat harus menyelesaikan deadline tugas. Penulis sendiri juga sering di hinggapi rasa kantuk saat sedang menulis artikel tentang kesehatan. Untuk itulah, untuk meningkatkan produktivitas, semangat serta etos kerja, seyogyanya rasa kantuk dapat di hilangkan saat bekerja ataupun beraktivitas. Berikut ini tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk : 
  1. Berjalanlah Sejenak. Terlalu lama duduk di meja kerja  akan menyebabkan rasa bosan, di hinggapi rasa kantuk serta tidak baik bagi kesehatan. Solusinya, berjalan jalanlah selama beberapa menit untuk membuang rasa mengantuk tersebut.
  2. Tidurlah Siang. Penulis pernah mempraktekkan tidur siang selama kurang lebih beberapa menit saat istirahat siang. Terbukti, dapat menghilangkan rasa kantuk saat di haruskan untuk bekerja atau beraktivitas sesudahnya.
  3. Jangan Bekerja Dengan Pencahayaan Redup. Memilih untuk membuat ruang kerja lebih terang menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan produktivitas kerja dan berdampak positif untuk mengatasi rasa kantuk yang sering mendera.
  4. Istirahatkan Indera Mata. Terlalu lama menatap layar monitor komputer dapat meningkatkan kebosanan, merusak organ mata serta mudah mengantuk. Solusinya, istirahatkan mata selama beberapa menit setelah menatap komputer selama setengah jam.
  5. Sediakan Camilan Sehat. Makan buah-buahan di sela-sela rutinitas kerja merupakan solusi yang terbukti efektif untuk mengusir rasa kantuk. Ini dikarenakan, buah merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan serat untuk menutrisi tubuh dan mampu menghindarkan anda dari kelelahan dan rasa kantuk.
  6. Stop Makanan Berlemak Tinggi. Usahakan tidak mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi saat sarapa pagi maupun makan siang. Ini dikarenakan, makanan berlemak tinggi berkaitan dengan seringnya seseorang merasa cepat lelah serta mengantuk.
  7. Berhenti Bergadang Larut Malam. Ini merupakan salah satu penyebab utama banyak di antara kita yang sering dilanda kantuk. Tidur lebih awal atau tidur cukup pada malam hari merupakan solusi ampuh untuk mengatasi rasa kantuk saat mulai bergelut dengan aktivitas super sibuk.
      Demikianlah tips kesehatan yang membahas tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.
    Artikel Kesehatan Lainnya...
     Sumber : inti-kesehatan, manjur, intips-kesehatan. Image courtesy of imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 12:08 AM

    0 comments:

    Pesan Penting

    Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...