Subscribe:

19 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Tubuh

Sumber vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk tubuh agar bekerja dengan baik. Vitamin adalah zat organik (dibuat oleh tanaman atau hewan), sementara mineral adalah elemen anorganik yang berasal dari tanah dan air dan diserap oleh tanaman atau dimakan oleh hewan.

Berikut ini Jenis-jenis vitamin dan mineral serta sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

A. Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh


Vitamin A
Dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembangunan jaringan yang normal (normal development of tissues); memelihara kesehatan kulit dari dalam dan melindungi kulit luar terhadap infeksi. Juga melindungi dari berbagai bentuk kanker. Vitamin A juga perlu untuk penglihatan;
Sumber : Melon, mangga, tomat, aprikot (apricot), pepaya, dan jeruk kepruk (tangerines);

Vitamin B1 / Thiamin
Esensial untuk berbagai fungsi tubuh, produksi energi dan membantu memelihara kesehatan syaraf dan otot. Membantu tubuh membuat dan memakai protein.
Sumber vitamin B1 berasal dari sayur-sayuran, kacang-kacangan susu, kuning telur, dan kentang.

Vitamin B2 / Riboflavin
Vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh, khususnya memproduksi energi yang tersedia dari makanan; pertumbuhan pada anak-anak; dan memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh; membantu menata kembali keasaman tubuh;
Sumber vitamin B2 terbanyak ditemukan pada makanan hewani, seperti daging, hati, ginjal, dan jantung, serta susu.

Vitamin B3 / Niacin (Niasin)
Niasin mengkompromikan asam nikotin (nicotinic acid) dan nikotinamida (nicotinamide), yang keduanya dibutuhkan untuk produksi energi dalam sel-sel;
Nikotinamida (Nicotinamide) terlibat dalam proses enzim, termasuk metabolisme asam lemak (fatty acid), pernafasan jaringan (tissue respiration) dan pembuangan racun; Esensial untuk fungsi otak; Membantu menyeimbangkan kandungan gula darah dan menurunkan tingkat kolesterol.
Sumber : Tomat, kacang tanah dan alpukat;

Vitamin B5 / Pantothenic acid (Asam Pantotenik)
Memainkan sebuah peran sentral dalam membuat energi dari lemak dan karbohidrat yang tersedia untuk produksi substansi esensial dalam tubuh, termasuk produksi hormon steroid dan asam lemak; Memelihara kesehatan kulit dan rambut.
Sumber : Tomat, strawberry, alpukat.

Vitamin B6 / pyridoxine (piridoksin)
Dibutuhkan tubuh untuk membuat protein; Membantu keseimbangan hormon seks; Anti-depresi dan diuretic alami · Membantu mengendalikan reaksi alergi.
Sumber : Pisang, biji-bijian, kacang-kacangan dan alpukat.

Vitamin B7 / Biotin
Dibutuhkan untuk memproduksi energi dari makanan tersedia, misalnya untuk sintesis lemak, dan untuk ekskresi (pengeluaran) produk limbah protein.
Sumber : Kacang-kacangan, oat (=sejenis gandum), almon, tomat, anggur, semangka dan cherry.

Vitamin B9 / Foliate / folic acid (asam folat)
Dibutuhkan untuk produksi berbagai substansi esensial dalam tubuh; · Berperan penting bersama-sama vitamin B12 dalam pembelahan sel yang cepat, membuat materi genetik (DNA) untuk setiap sel; Dibutuhkan untuk memelihara fungsi sistem imunitas; Esensial untuk fungsi otak dan syaraf.
Sumber : Kacang tanah, biji wijen, hazelnut (=sejenis kemiri), kacang mete (cashew nut), walnut (=sejenis kenari), dan alpukat.

Vitamin B12 /cyanoncobalamin (sianokobalamin)
Dibutuhkan untuk produksi (manufaktur) materi genetik (DNA danRNA); Terlibat dalam pembentukan (formasi) sel darah merah; Esensial untuk syaraf; Menangani asap tembakau dan racun lainnya.
Sumber : Buah-buahan tertentu diindikasikan mengandung vitamin ini tapi hal ini belum dikonfirmasikan (secara ilmiah)

Vitamin C / ascorbic acid (asam askorbat)
Memperkuat sistem imunitas � dalam memerangi infeksi; Menjaga tulang, kulit, dan sendi kokoh kuat; Ada sebuah hubungan kuat antara masukan vitamin C yang lebih tinggi dengan resiko yang lebih rendah atas serangan jantung, stroke, katarak dan beberapa jenis kanker; Vitamin ini mudah teroksidasi dan rusak karena panas.
Sumber : Strawberry, jeruk lemon, buah kiwi, melon, jeruk, anggur, jeruk limau, tomat.

Vitamin D / calciferols (kalsiferol)
Dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dari makanan, dan untuk penggunaan kalsium dan fosfor; Mempengaruhi pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi, serta bersama-sama kalsium terkait dengan kesehatan syaraf dan otot. catatan : Vitamins A, C dan E melindungi vitamin D.
Sumber vitamin D berasal dari Yoghurt, susu, keju, ikan sarden, telur, bayam dan jeruk.

Vitamin E / d-alpha tocopherol (d-alfa tokoferol)
Vitamin E dibutuhkan sebagai antioksidan, yang melindungi tubuh dari efek samping oksidasi yang berbahaya. Makin banyak lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fats) yang Anda makan, semakin banyak vitamin E yang dibutuhkan untuk melindungi lemak tersebut dari oksidasi; Meningkatkan penyembuhan luka dan fertilititas (kesuburan); Baik untuk kulit.
Sumber : Biji bunga matahari, kacang tanah , kacang almonds,hazelnut, biji pinus, biji wijen, oat dan alpukat.

Vitamin K / phylloquinone (pilokuinon)
Esensial untuk pembentukan protein, mengendalikan pengumpalan darah, dan fungsi lainnya. Vitamin K dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.
Sumber vitamin K berasal dari kubis, kale, kembang kol, brokoli, alpukat dan buah kiwi. Beberapa minyak nabati, terutama kedelai, mengandung vitamin K.

B. Macam-Macam Mineral yang Dibutuhkan Tubuh


Kalsium.
Kalsium dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Sumber Kalsium: susu, keju, brokoli, kacang polong, sayuran berdaun hijau.

Selenium.
Fungsinya membantu melindungi sel melawan kerusakan oksidatif karenanya membantu mencegah penuaan. Mineral ini dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan rambut.
Sumber selenimu berasal dari biji-bijian dan ikan.

Kromium.
Dibutuhkan untuk mengontrol gula darah. Mineral ini juga membantu melawan aterosklerosis atau degenerasi pembuluh arteri.
Sumber kromium berasal dari merica hitam, roti gandum, hati sapi, keju.

Magnesium.
Diperlukan untuk banyak proses metabolisme, khususnya penyerapan zat gizi. Suplemen magnesium bersama vitamin B6 dapat membantu mengatasi sindrom pra menstruasi.
Sumber magnesium berasal dari kacang-kacangan, udang, kacang kedelai, gandum, sayuran berdaun hijau.

Zat Besi.
Diperlukan utnuk membawa oksigen dalam darah. Zat besi adalah komponen vital bagi banyak sistem enzim tubuh.
Sumber Zat Besi berasal dari hati, ginjal, kuning telur, cokelat, kerang, peterseli.

Zinc.
Dibutuhkan untuk pertumbuhan, kesuburan dan sistem kekebalan tubuh. Mineral ini amat dibutuhkan selama kehamilan.
Sumber Zinc berasal dari jahe, daging merah, hati sapi, kuning telur, kacang, susu rendah lemak.

Rating: 4.5 herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 5:55 AM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...