Subscribe:

Khasiat Tanaman Cereme (Cerme, Ceremai) Sebagai Obat Tradisional

Tanaman Cereme (Cerme, Ceremai)
Khasiat Tanaman Cereme (Cerme, Ceremai): Daun cerme berkhasiat mengobati urus-urus dan mual. Akarnya berkhasiat untuk mengobati penyakit asma. Sementara daun muda biasa digunakan untuk mengobati sariawan.

Cerme, cereme atau ceremai adalah nama sejenis pohon yang buahnya banyak. Tanaman dengan buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah akar dan daunnya. Sementara buahnya sering dijadikan sebagai asinan. Tanaman ini bersifat anti radang, anti inflamasi dan mencegah muntah.

Cara mengobati urus-urus:
Daun cermai sebanyak 3 gram dicuci bersih kemudian dikeringkan. Setelah kering ditumbuk sampai halus. Kemudian diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan diminum.

Cara Mengobati mual dan sariawan:
Ambil beberapa lembar daun cermai yang masih muda, kemudian dikunya. Telan airnya sementara ampasnya dibuang.

Obat Penyakit Asma:
1 gram akar cerme kering digiling halus. Seduh dengan air panas kemudian saring airnya. Minum air tersebut sewaktu hangat. Hati-hati jangan sampai akarnya termakan karena agak beracun. herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 11:02 PM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...