Subscribe:

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Gusi Berdarah

Gusi bengkak dan gusi berdarah merupakan salah satu penyebab sakit gigi selain gigi berlubang. Peradangan pada gusi umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin, reaksi alergi, penyakit gula, efek obat-obatan tertentu atau leukemia.

Radang gusi merupakan pertanda adanya gangguan yang lebih serius. Gejalanya bisa berupa tanda merah yang mengelilingi leher gigi, kemudian terjadi pendarahan pada gusi.

Ramuan tradisional untuk mengobati gusi berdarah adalah dengan tanaman bayam duri.

Caranya, ambil segenggam bayam duri, kemudian dibakar dengan alas genteng. Jangan sampai jadi abu. Setelah itu ditumbuk hingga halus di atas genteng tadi. Ramuan ini dipakai seperti salep, dengan cara dioleskan pada gusi yang berdarah.

Cara mengobati gusi bengkak atau radang gusi (Ginggivitis dan Pyorrhoeae):

1. Kulit Andong dan Garam

- Bahan: Kulit tanaman andong secukupnya dan garam secukupnya.
- Cara pengobatan: Cuci kulit Andong, kemudian dikikis dan diberi garam sedikit. Ramuan tersebut dioleskan pada gusi yang sakit.

2. Daun Krokot

- Bahan: Daun krokot (200 gram) dan air (3 gelas)
- Cara pengobatan: Cuci krokot, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus.

3. Gambir dan Empu Kunyit

- Bahan: 3 potong gambir, setengah jari empu kunyit dan 2 gelas air.
- Cara pengobatan: Gambir dan empu kunyit diiris tipis-tipis. Rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Air tersebut dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan hal ini 3 kali sehari.


Bayam Duri
Bayam Duri untuk gusi berdarah

Tanaman andong
Tanaman andong mengobati gusi bengkak

Daun Krokot
Daun Krokot untuk gusi bengkak

Gambir
Gambir obat radang gusi

Empu Kunyit
Empu Kunyit mengobati radang gusi

herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 1:02 PM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...