Subscribe:

Khasiat Buah Belimbing Manis Untuk Kesehatan

Buah Belimbing Manis
Manfaat dan khasiat buah belimbing manis bagi kesehatan. Belimbing manis memiliki nama latin Averrhoa carambola, L dari suku oxalidaceae. Di luar negeri buah ini disebut Star Fruit karena jika dipotong bentuknya mirip seperti bintang. Berbeda dengan belimbing wuluh yang rasanya asam, buah ini rasanya manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air.

Kandungan vitamin dan mineral: Belimbing manis merupakan buah yang kaya vitamin A dan vitamin C yang bersifat antioksidan dan kalium. Yang patut diperhitungkan juga adalah seratnya, terutama serat pektin yang berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

1. Obat Hipertensi
Entah mengapa buah ini sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi. Besar kemungkinan karena buah ini kaya kalium yang membuat pengasupnya sering buang air kecil (diuretik) sehingga tekanan darah pun terkendali. Selain itu, serat yang terkandung, terutama pektin, mampu menyerap lemak sehingga ikut membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol
Berkat kandungan pektin yang merupakan serat kasar, kolesterol dan asam empedu akan diikat oleh serat ini agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah. Alhasil, kadar kolesterol dalam tubuh pun turun.

3. Melancarkan buang air kecil
Buah yang banyak airnya dan mengandung kalium ini berkhasiat memperlancar masalah buang air kecil, serta tidak memberi kesempatan terbentuknya batu ginjal sekaligus menyehatkan ginjal.

4. Menurunkan berat badan
Buah yang banyak mengandung air ini kadar kalorinya sangat rendah sehingga cocok diasup oleh mereka yang sedang berniat menurunkan berat badan (karena harus mengurangi asupan kalori). Serat yang terkandung pada belimbing pun berperan besar dalam melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit.

5. Mengatasi gangguan fungsi hati
Khasiat antiradang yang terdapat pada belimbing disebut-sebut baik untuk membantu gangguan liver.

Selain beberapa khasiat diatas, belimbing juga dapat membantu menurunkan demam dan mengatasi radang tenggorokan. Semuanya berkat kandungan airnya yang banyak. Pilihlah buah yang sudah masak, yakni buah yang berwarna kuning. Karena jika masih muda, buah ini rasanya asam.

KANDUNGAN GIZI DALAM 100 G BELIMBING MANIS

Kalori 36 kal
Protein 0,4 g
Lemak 0,4 g
Karbohidrat 8,8 g
Serat 4 g
Kalsium 12 mg
Fosfor 1,1 mg
Zat Besi 170 mg
Vitamin A 0,03 IU
Vitamin B1 35 mg
Vitamin C 90 mg
Air 86 g herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 12:45 AM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...