Subscribe:

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak
Manfaat dan Khasiat Temulawak sebagai tanaman obat tradisional untuk kesehatan. Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.

1. Obat Sakit maag.
Rimpang dipotong kecil-kecil, direbus, dinginkan, minum airnya.

2. Mengatasi Bau haid.
Rimpang dipotong kecil-kecil tambah asam jawa, disedu, dinginkan, minum airnya.

3. Obat Sembelit.
Rimpang digiling halus bersama biji sesawi, beri air sedikit, peras, minum airnya.

4. Melancarkan ASI.
Rimpang digiling, dimasak menjadi bubur bersama sagu. Maka seperti makan bubur.

5. Mengobati Sakit limpa.
Temu lawak 2 rimpang diparut, lengkuas 1/2 rimpang diparut, daun meniran 1 genggam, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, disaring, minum sehari sekali 1 cangkir.

6. Mengobati Asma.
Temu lawak 1,5 rimpang diiris tipis-tipis dan dikeringkan, rebus dengan 5 gelas air dan ditambah gula aren 1 potong menjadi 3 gelas. Saring, minum sehari 2 kali 0,5 gelas.

7. Mengobati Cacar air.
Rimpang 1,5 diiris tipis-tipis dan dikeringkan, rebus dengan 1 liter air dan ditambah buah asam satu tangkai. Setelah mendidih dinginkan, saring, minum sehari 2 kali sehari 1 cangkir.

8. Mengobati Sariawan.
Temu lawak 1 rimpang diiris tipis-tipis dan dikeringkan, rebus dengan 2 gelas air dan ditambah buah asam 3 mata dan 1 potong gula aren. Saring, minum sehari 2 kali sehari 1 cangkir.

9. Mencegah Bau badan.
Rimpang temulawak ditumbuk, direbus dengan 1 liter air. Saring, minum 2 kali sehari 1 cangkir.

10. Obat Hepatitis, penyakit kandung empedu.
Rimpang 25 gram diiris-iris, ditambah air 500 ml, direbus sampai tinggal 300 ml; diminum sepanjang hari. Atau, dua jari rimpang temu lawak, diparut, tambahkan � cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Aduk merata lalu diperas dan disaring. Minum sehari 2 kali sampai sembuh.

11. Obat Nyeri Sendi dan Tulang (arthritis dan rematik).
Tuangkan air mendidih ke dalam cangkir yang berisi 0,5-1 g serbuk temu lawak. Diamkan 5-10 menit kemudian saring dan minum.

Temulawak
Temu lawak disebut Curcuma xanthorrhiza. Roxb. termasuk ke dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah koneng gede, temu labak, tommo, korbanga.

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain: minyak atsiri :xanthorizol, germaken, isofuranogermakren, trisiklin, allo aromadendren, fellandren, ar-turneron, dan turmerol, kurkumin, desmetoksokurkumin, zattepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1-sikloisoprenmyrsen.
herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 5:35 AM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...