Subscribe:

Manfaat dan Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Apel
Buah apel merupakan salah satu buah favorit di Indonesia. Meski begitu, belum banyak yang menyadari mengenai manfaat dan khasiat buah apel untuk kesehatan. Padahal manfaat buah yang satu ini sangat besar, dari mulai mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, sampai hipertensi.

Kandungan vitamin dan Mineral: Apel mengandung karoten (vitamin A), vitamin C, dan senyawa flavonoid, seperti quersetin yang bersifat antioksidan. Selain itu, juga kalium, asam maklik, tanin, dan pektin (serat yang larut di air).

Kandungan pektin pada apel paling banyak terdapat pada kulitnya. Untuk mendapatkan manfaat apel, buah ini perlu dimakan bersama kulitnya. Bila khawatir tercemar pestisida, sebelum mengonsumsi apel cucilah dengan air mengalir untuk melarutkan pestisida.

Kandungan vitamin A dan vitamin C-nya berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan influenza dan penyakit infeksi, serta mengurangi risiko asma. Kandungan kaliumnya bersifat diuretik yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal dan kristal asam urat.

Berbagai macam penyakit yang dapat diobati dengan buah apel antara lain:

Diabetes Melitus
Apel mempunyai indeks glikemik sangat rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, apel juga mampu berfungsi mengontrol keluarnya insulin agar tidak berlebihan.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Mengonsumsi apel secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, berkat kandungan kalium dan seratnya.

Jantung Koroner
Pektin pada apel bersifat antikolesterol karena mampu mengikat kolesterol dan asam empedu untuk dibuang ke luar tubuh. Penelitian di AS menunjukkan mereka yang mengonsumsi apel setiap hari, kadar kolesterol LDL-nya turun dan risiko terkena penyakit jantung koroner berkurang hingga 30%.

Mengatasi Gangguan Pencernaan
Pektin pada apel bekerja memperbaiki otot pencernaan dan ikut mendorong sisa makanan untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Pektin bila berinteraksi dengan vitamin C dapat menyerap kelebihan air dalam usus sehingga mencegah diare. Serat yang terkandung pada apel pun mampu memperlunak feses (mencegah sembelit), serta mengikat dan menghilangkan racun dari usus.

Menghambat Sel Kanker
Quersetin, senyawa fitokimia pada kulit apel, merupakan antioksidan yang potensial yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kemampuan ini sudah terbukti dalam penelitian terhadap sejumlah hewan percobaan.

Melindungi Fungsi Hati
Senyawa quersetin-nya membantu mengurangi oksidasi lemak sehingga melindungi liver dari kerusakan oksidatif.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A pada apel baik untuk kesehatan mata.

Tabel Kandungan Gizi 100 gram Apel
Kalori 36 kal
Protein 0,4 g
Lemak 0,4 g
Karbohidrat 8,8 g
Serat 4 g
Kalsium 12 mg
Fosfor 1,1 mg
Zat Besi 170 mg
Vitamin A 0,03 IU
Vitamin B1 35 mg
Vitamin C 90 mg
Air 86 g
herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 10:45 PM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...