Subscribe:

Manfaat dan Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Buah Nanas
Mengenal manfaat dan khasiat buah nanas untuk kesehatan sekaligus mengobati berbagai penyakit. Buah nanas memiliki nama latin Ananas comosus dari suku nanas-nanasan (Bromeliaceae). Buah yang berasal dari Amerika Latin ini tumbuh subur di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, daerah penghasil nanas yang paling terkenal adalah Subang.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah nanas: Nanas kaya akan vitamin A dan vitamin C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga kaya akan serat.

Berikut ini beberapa khasiat buah nanas mengobati penyakit dan menjaga kesehatan.

1. Tekanan Darah Tinggi
Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

2. Menurunkan Berat Badan
Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

3. Obat Asam Urat
Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Kandungan serat dan vitamin C pada nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Oh ya, enzim protease pada bromelainnya mampu mencerna protein.

Efek samping jika mengkonsumsi terlalu banyak buah nanas adalah:

- Mereka yang sensitif bisa mengalami gangguan lambung dan iritasi kulit.
- Ibu yang sedang hamil muda juga sebaiknya tidak memakan nanas muda secara berlebihan karena bisa menyebabkan kontraksi rahim yang berdampak keguguran.
- Penderita diabetes pun perlu membatasi konsumsi buah nanas yang sudah masak karena kadar gulanya cukup tinggi.
- Nanas yang akan dikonsumsi hendaknya dikupas dahulu, lalu dibuang bagian "matanya". Kadar asam oksalat yang cukup tinggi pada nanas menimbulkan rasa gatal di tenggorokan ketika dimakan. Karena itu, sebelum dikonsumsi, sebaiknya dicuci dahulu dengan air garam.
- Kadar oksalat yang berlebihan dapat mengakibatkan batu ginjal.

KANDUNGAN GIZI DALAM 100 G BUAH NANAS

Energi 52 kal
Protein 0,4 g
Lemak 0,2 g
Karbohidrat 13,7 g
Serat 0,4 g
Kalsium 16 mg
Fosfor 11 mg
Zat Besi 0,3 mg
Vitamin A 130 IU
Vitamin B1 0,08 mg
Vitamin C 24 mg
Air 85,3 g herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 2:44 AM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...