Subscribe:

Manfaat dan Khasiat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Buah Mangga
Info Kesehatan - Manfaat dan khasiat buah mangga. Buah mangga mempunyai nama latin Mangifera indica L. dari keluarga ancardiaceae. Di Indonesia dikenal beberapa jenis mangga, antara lain mangga harum manis, mangga indramayu, mangga manalagi, mangga gedong, gadung, atau mangga golek. Sayangnya, buah ini merupakan buah musiman yang hanya dapat dinikmati pada musimnya, yakni menjelang akhir tahun. Selain dikonsumsi begitu saja, mangga kadang juga dibuat jus, es, manisan, dikeringkan, atau dijadikan saus.

Kandungan vitamin dan mineral buah mangga: Komponen buah mangga yang paling banyak adalah air dan karbohidrat (termasuk di dalamnya serat). Mangga juga sumber betakaroten, kalium dan vitamin C yang baik. Kandungan vitamin C pada mangga muda lebih tinggi daripada mangga matang. Namun, kandungan vitamin A mangga matang lebih tinggi dibandingkan mangga muda. Kandungan karotenoidnya, khususnya betakaroten, sangat tinggi.

Penderita diabetes mellitus perlu hati-hati dalam mengonsumsi buah mangga karena kandungan gula pada buah ini cukup tinggi.

Beberapa khasiat buah mangga untuk kesehatan antara lain:

Menangkal Radikal Bebas
Mangga memiliki sifat antioksidan berkat kandungan vitamin A, C, dan senyawa flavonoid. Dengan sifat antioksidannya ini, mangga dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sementara kandungan serat pada mangga terdiri atas serat pangan larut, yaitu pektin dan serat pangan tidak larut, yaitu selulosa.

Melancarkan Pencernaan
Kandungan pektin pada mangga berfungsi untuk memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus, sekaligus meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Sedangkan selulosanya berfungsi mempercepat waktu transit makanan dalam usus, meningkatkan volume feses, dan memperlancar proses buang air besar sehingga mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

Mengendalikan Berat Badan
Serat pangan larut pada mangga juga memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga membantu mengendalikan berat badan.

Mencegah Penyakit Jantung
Dengan mengonsumsi sebuah mangga, kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi sehingga irama denyut jantung menjadi terkendali. Sementara seratnya pasti dapat mengikat lemat yang kemudian dibuang ke luar tubuh, menyebabkan pembuluh bersih dari plak penyebab penyakit jantung.

Menghambat Sel Kanker
Sifat antioksidan pada mangga dapat menghambat produksi nitrosamin (salah satu zat pemicu kanker).

Menurunkan Resiko Stroke
Kaliumnya juga berfungsi membantu tekanan darah menjadi stabil, dan secara pasti juga memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko kena stroke.

Untuk Kecantikan Kulit
Mangga mempunyai efek detoksifikasi yang ditunjukkan dengan membaiknya tekstur kulit, berkurangnya kerutan, dan meningkatnya kecerahan kulit. Mangga juga bermanfaat untuk memperkuat kuku.

Kandungan Gizi dalam 100 gram Buah Mangga

Energi 46 kal
Protein 0,4 g
Lemak (0,2) g
Karbohidrat 11,9 g
Serat 0,4 g
Kalsium 15 mg
Fosfor 9 mg
Zat Besi 0,2 mg
Vitamin A 1200 IU
Vitamin B1 (0,08) mg
Vitamin C 6 mg
Air 86,8 g herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 11:01 PM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...