Subscribe:

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan


Kandungan kafein dalam kopi

Mengenal manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Bagaikan dua sisi mata pisau, di satu sisi kopi memiliki manfaat yang menyehatkan dan dibutuhkan tubuh, tetapi di sisi lain kopi juga membahayakan tubuh dan kesehatan. Kandungan kafein dalam kopi sangat tinggi. Nah kafein inilah yang bermanfaat bagi tubuh namun juga sekaligus berbahaya. Lihat gambar tabel kandungan kafein dari berbagai jenis kopi di samping.

Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek yang beragam pada setiap manusia. Beberapa orang akan mengalami efeknya secara langsung, sedangkan orang lain tidak merasakannya sama sekali. Hal ini terkait dengan sifat genetika yang dimiliki masing-masing individu terkait dengan kemampuan metabolisme tubuh dalam mencerna kafein.

Metabolisme kafein terjadi dengan bantuan enzim sitokrom P450 1A2 (CYP1A2). Terdapat 2 tipe enzim, yaitu CYP1A2-1 dan CYP1A2-2. Orang yang memiliki enzim CYP1A2-1 mampu mematabolisme kafein dengan cepat dan efisien sehingga efek dari kafein dapat dirasakan secara nyata. Enzim CYP1A2-2 memiliki laju metabolisme kafein yang lambat sehingga kebanyakan orang dengan tipe ini tidak merasakan efek kesehatan dari kafein dan bahkan cenderung menimbulkan efek yang negatif.

Untuk mengetahui bahaya kafein bagi tubuh bisa dilihat dalam artikel Bahaya Kafein dalam Kopi. Sementara untuk kali ini mari kita simak manfaat kopi bagi kesehatan.

Mencegah Gigi Berlubang
Minum kopi ternyata dapat mencegah gigi berlubang. Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang terdapat pada kopi yaitu trigonelline, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga rongga mulut dari serangan kuman seperti streptococcus mutans, yang dapat menyerang enamel gigi.

Mencegah Parkinson
Orang dengan riwayat keluarga peminum kopi berpeluang kecil terkena penyakit neurologis seperti parkinson. Kafein pada kopi ataupun teh berkafein, dapat bereaksi pada gen yang disebut GRIN2A untuk membantu menurunkan risiko parkinson.

Mencegah Penyakit Jantung
Peneliti Belanda menemukan bahwa orang yang minum kopi dua hingga empat cangkir sehari berhasil menurunkan risiko penyakit jantung mereka sebanyak 20 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Antioksidan yang terdapat pada kopi memberikan perlindungan yang baik dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Mencegah Kanker Mulut Dan Tenggorokan
Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi mencegah munculnya kanker mulut dan tenggorokan. Mereka yang minum kopi sekitar empat cangkir atau lebih sehari mengurangi risiko kanker mulut tertentu dan tenggorokan hampir 40 persen.

Mencegah diabetes
Jika Anda suka mengonsumsi kopi murni, Anda berpeluang hampir 60 % menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 daripada yang tidak minum kopi. Kandungan magnesium dan kromium yang terdapat pada kopi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Mencegah Kanker Kulit
Kesimpulan ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini adalah upaya preventif atas perkembangan tumor.

Mencegah Stress
Aroma kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi juga membantu Anda redakan stres, dengan memicu aktivitas gen yang berfungsi melindungi sel-sel syaraf dari stress.

Hmmh, ternyata jopi yang selama ini dikenal merugikan bagi kesehatan tubuh memiliki manfaat yang tidak sedikit. Jadi, poinnya adalah seberapa bijak kita dalam mengkonsumsinya. Kalau dikonsumsi berlebihan jelas berbahaya. herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 3:30 AM

0 comments:

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...