Subscribe:

Apa kegunaan Asparagus untuk Kesehatan?

Manfaat Asparagus
Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang dianggap mewah di Indonesia, karena keberadaanya yang cukup langka. tidak heran bila banyak ibu-ibu rumah tangga yang tidak mengenal jenis sayuran yang satu ini. Asparagus memiliki nama latin Asparagus officinalis dari famili Asparagaceae. Selain dijadikan sebagai bahan makanan, Asparagus ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan.

Asparagus memiliki kandungan tinggi vitamin C dan merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C. Asparagus juga dapat membantu diet Anda sukses. Ada tiga alasan mengapa asparagus dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dan berikut ini beberapa manfaat Asparagus bagi kesehatan.

Mengurangi nafsu makan
Asparagus merupakan sumber serat larut, inulin, yang menurut beberapa penelitian mampu menekan nafsu makan. Enam gram inulin dapat berfungsi mengisi 260 kalori makanan.

Mengatur gula darah
Aspragus merupakan sumber yang sangat baik dari banyak vitamin B yang berbeda, termasuk B1, B2, B3, dan B6. Menurut banyak penelitian, beberapa jenis vitamin B dapat bekerja sama untuk memetabolisme glukosa dan mengatur gula darah. Menjaga kadar gula darah tetap stabil dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan.

Menjaga Pencernaan
Serat dalam asparagus kandungannya tinggi menjaga pencernaan sehat dan menjaga sistem bergerang dan merangsang pertumbuhan probiotik Anda. Sementara, tingginya kandungan vitamin C sebagai diuretik alami membuat asparagus ini menjadi makanan yang tepat untuk dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan Gizi Asparagus per 100 g
Energi 85 kJ (20 kcal)
Karbohidrat 3,88 g
Gula 1,88 g
Diet serat 2,1 g
Lemak 0,12 g
Protein 2.20 g
Thiamine (Vit. B1) 0,143 mg (11%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,141 mg (9%)
Niacin (Vit. B3) 0,978 mg (7%)
Asam pantotenat (B5) 0,274 mg (5%)
Vitamin B6 0,091 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 52 mg (13%)
Vitamin C 5,6 mg (9%)
Kalsium 24 mg (2%)
Besi 2,14 mg (17%)
Magnesium 14 mg (4%)
Fosfor 52 mg (7%)
Kalium 202 mg (4%)
Seng 0,54 mg (5%)
Mangan 0,158 mg

Pemilihan:
Ketika memilih asparagus, biarkan sekitar 1 / 2 pon per porsi. Satu pon akan ada sekitar 14 batang, dengan panjang 9-10 inci dan tebal antara 1 / 2 sampai 3 / 4 inci.

Asparagus yang terbuka dan berantakan, berjamur atau busuk, dan batang asparagus yang berusuk. Hindari juga asparagus yang berpasir, karena sulit untuk membersihkan pasir dengan mencuci.

Penyimpanan:
Taruh asparagus di lemari es dengan berdiri tegak dalam wadah atau air. Hal ini membuat asparagus segar dan renyah. Jika hal ini tidak memungkinkan, bungkus bagian bawah asparagus dengan handuk basah. Gunakan sesegera mungkin. Asparagus akan bertahan di kulkas tiga sampai lima hari.
herian s Info Kesehatan Terbaru Updated at : 12:48 AM

Pesan Penting

Terimaksih atas kunjungan Sobat Sehat Sekalian. Jika Ada pertanyaan atau masukan, silahkan sampaikan pesan di kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang sopan. Dipersilahkan mengkopi apapun di blog ini dengan syarat dapat menyertakan sumber halamannya. Terimaksih atas kunjungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...